Kadis PMD Jelaskan Cara Terbaik Meminimalkan Kesalahan Pengelolaan Dana Desa

Upaya pemerintah untuk membantu dalam memajukan desa di Indonesia dilakukan dengan pemberian dana segar. Tak tanggung-tanggung, dana miliaran rupiah diberikan untuk membuat desa lebih maju. Namun sayangnya, banyak oknum yang memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan pribadi.

Banyak sekali kasus dimana dana yang dikucurkan pemerintah justru menimbulkan masalah baru di desa. Kasus ini bisa berupa kesalahan tata kelola sehingga memberikan kerugian pada negara secara langsung.

“Alokasi dana besar memang memerlukan metode pengelolaan yang baik, terukur dan terencana,  jika dana ini dikelola dengan baik oleh penerimanya, pembangunan infrastruktur di desa akan semakin baik. Dampaknya, desa menjadi lebih maju dan perekonomian warga akan meningkat”  Kata Jefry Dapamerang selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat

Menurut Jefry Dapamerang kalau Pemerintah Desa tidak memahami secara utuh tugas mereka maka akan ada kecenderungan kesalahan dalam pemanfaatan dana desa. “Salah satunya adalah membuat pertanggungjawaban anggaran biaya pembangunan desa”

“Ketika pemerintah ingin memberikan dana ke desa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tentunya  untuk mencegah tindakan kesalahan tata kelola yang dilakukan oleh sejumlah pihak, oleh karena itu ada beberapa hal patut untuk dilakukan” Tegas Jefry.

” Pertama, membentuk satuan pengawasan dana desa. Pengawasan ini bisa dilakukan dari proses alokasi, alur pendistribusian dana, sampai pemanfaatan dana tersebut” Papar Kadis DPMD.

” Kedua  adalah membina kepala desa, bagi Saya diperluka  ketegasan dari pemerintah untuk memberikan arahan bagi kepala desa dan perangkatnya. Karena merekalah yang bakalan mendapatkan tanggungjawab untuk mengelola keuangan”

” Ketiga adalah mengevaluasi tata kelola pemerintah desa. Maksudnya, memahami betul kebutuhan desa. Dan ini harus dibarengi dengan transparansi pihak desa terkait rencana untuk memanfaatkan uang tersebut” Tutup Jefry mengakhiri pembicaraannya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.