Kadis PMD : Desa Wajib Tetapkan APB Desa Tahun 2019, Paling Lambat 31 Desember 2018

Waikabubak,dpmdsb– Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang menegaskan seluruh desa di Sumba Barat wajib menetapkan APB Desa tahun 2019, paling lambat 31 Desember 2018. Hal tersebut disampaikan Jefry pada saat memimpin rapat koordinasi antara Dinas PMD dan Pendamping Profesional P3MD Kabupaten Sumba Barat, Senin (19/11/2018)

“Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, APB Desa wajib ditetapkan paling lambat 31 Desember tahun berjalan,” tegas Jefry.

” Kami sudah mendapat arahan dan instruksi dari Bapak Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah bahwa seluruh desa di Sumba Barat harus tetapkan APB Desa tahun anggaran 2019, paling lambat 31 Desember 2018,” lanjut Jefry. Disampaikan pula bahwa dengan ketepatan waktu tersebut, dana desa akan bergulir lebih awal di desa, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Jefry juga menyampaikan bahwa prioritas dana desa tahun 2019 di Kabupaten Sumba Barat akan memprioritaskan pada bidang pemberdayaan daripada bidang infrastruktur. ” Sarana air bersih, pengelolaan BUM Desa, pencegahan/penanganan stunting, promosi kesehatan, penanganan kaum disabilitas, pendidikan bagi masyarakat miskin, merupakan contoh prioritas penggunaan dana desa tahun depan,” ujar Jefry.

” Terkait masalah rumah tidak layak huni, tahun depan tidak ada lagi bagi-bagi bahan non lokal untuk pembangunan rumah layak huni. Kita Akan fokus pada pembangunan  rumah layak huni terhadap masyarakat yang benar-benar miskin, jadi masyarakat miskin akan “terima kunci” dengan sistem Padat Karya Tunai,” tandas Jefry.

Pelaksanaan rapat yang dihadiri oleh seluruh Tenaga Pendamping Prodesional dan staf Dinas PMD ini berakhir dengan disepakatinya beberapa hal terkait jadwal kegiatan menuju penetapan APB Desa tepat waktu serta strategi percepatan penggunaan dana desa tahap III.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.