Desa Lapale Kembangkan Bumdes Kolam Pemancingan Ikan Air Tawar

Kadis PMD, Kades Lapale, Ferdy Kaut saat berincang tentang pengembangan BUM Desa Lapale (Selasa, 8/1/2019)

Lapale/Waikabubak-dpmdsb. Kepala Desa Lapale, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat,  Yudas Moto Dimu, mengatakan akan bekerja sama dengan pemilik kolam pemancingan ikan air tawar milik warga desa Lapale untuk dikembangkan menjadi Badan Usaha Milik Desa Lapale.
“Ke depan akan dikembangkan kolam ini sebagai kolam pemancingan sekaligus mendirikan beberapa unit home stay di lokasi tersebut, ” kata Yudas.
Demikian disampaikan Yudas ketika mendampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang meninjau lokasi kolam ikan milik warga tersebut di Lapale, selasa (8/1/2019.

” Kita akan menggunakan sistem kerja sama operasional dengan warga melalui perjanjian kontrak selama 25 tahun dengan sistem bagi hasil.” ujar Yudas.

Ferdy Kaut, warga pemilik kolam ikan menyambut baik rencana Kepala Desa tersebut. ” demi kemajuan Desa Lapale saya siap bekerja sama dengan Desa Lapale dalam mengembangkam BUM Desanya”

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang mengapresiasi rencana kedua pihak tersebut. ” Saya salut kepada saudara kepala desa yang memiliki inovasi dalam mengelola dana desa dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa”, kata Jefry.

Lebih lanjut Jefry mengingatkan agar kedua belah pihak mempersiapkan segala dokumen perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan kedua pihak.

Pada tahun 2019, Desa Lapale akan memiliki dua jenis usaha BUM Desa yaitu pengelolaan bekas cafe Lapale dan kolam pemancingan ikan air tawar.

Staf Dinas PMD tengah berpose di area kolam. (Lapale, 8/1/2019)

Peninjauan kali ini juga diikuti oleh Korkab TPP P3MD Kabupaten Sumba Barat, Matheos Nesimnasi, dan staf dinas PMD Kabupaten Sumba Barat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.