Ketua TP PKK : PKK Desa Wajib Mengawal Pemanfaatan Dana Desa!!!

Peserta Rapat Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya (8/1/2019)

Waikabubak-dpmdsb. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumba Barat, Dra. Meity H.W. Dapawole-Monteiro, menegaskan para Ibu PKK Tingkat Kecamatan dan Desa wajib mengawal pemanfaatan Dana Desa di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut disampaikan Nyonya Dapawole pada saat membuka Rapat Konsultasi TP PKK Kabupaten Sumba Barat di Aula Rumah Jabatan Bupati, Selasa (8/1/2019).

“Jangan lagi Ibu Desa yang menggoda Bapak-Bapak Desa  menggunakan dana desa untuk keperluan pribadi” tegas Nyonya Dapawole.

Selanjutnya Nyonya Dapawole juga menghimbau agar Tim Penggerak PKK rajin turun ke masyarakat memantau pelaksanaan kegiatan terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan warganya. Nyonya Dapawole juga meminta kepada PKK untuk gencar mengembangkan tanaman kelor.

Pada Kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang menyampaikan bahwa pada APB Desa Tahun 2019 telah dianggarkan dana paling sedikit 20 Juta Rupiah per desa bagi kegiatan PKK di Desa.

Terkait penanganan anak kerdil (stunting), Jefry menyampaikan bahwa Tahun 2019 telah dianggarkan dalam APB Desa kurang lebih 5 s/d 6 Milyar antara lain untuk Pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Penyuluhan PHBS, Konselor Sebaya. Terkait hal tersebut, Jefry menghimbau Ibu PKK untuk berperan aktif dalam mengawal dana untuk program tersebut sehingga dapat bermanfaat optimal. “Dibutuhkan peranan semua pihak terkait termasuk PKK dalam mensukseskan program penanganan stunting.” 

Suarana Rapat Konsultasi TP PKK di Aula Rujab Bupati (8/1/2019)

Kegiatan Rapat Konsultasi tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat, Nyonya Yakoba Weru, Para Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan/Desa, Kadis Kesehatan dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kabid PSBEM Dinas PMD.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.