Desa Lokory bertekad menjadi Desa Literasi Nasional

Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngilu Toni, SP sedang memberikan arahan kepada peserta FGD, Rabu (23/1/2019)

Waikabubak, dpmdsb –  Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP. menegaskan agar semua pihak terkait berkomitmen terhadap gerakan literasi di Kabupaten Sumba Barat. Demikian disampaikan Tony saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Gerakan Literasi di Kabupaten Sumba Barat, di Kantor Bappeda, Rabu (23/1/2019).

Kepada peserta FGD, Toni menegaskan agar peserta FGD memiliki komitmen yang kuat terhadap gerakan literasi di Kabupaten Sumba Barat. Secara khusus kepada pimpinan perangkat daerah terkait, Wabup Tony meminta agar melakukan inovasi dalam pelaksanaan kegiatan termasuk kegiatan literasi. “ Upgrade pemikiran-pemikiran saudara agar jangan hanya melakukan hal-hal yang biasa tetapi lakukanlah langkah-langkah yang luar biasa sebagai bentuk inovasi agar tujuan dapat segera tercapai.” Tegas Tony.

Wabup Tony juga berharap agar dokumen yang dihasilkan nanti, tidak hanya sebagai penghias meja kerja belaka, melainkan dapat diimplementasikan bagi pelaksanaan gerakan literasi di Kabupaten Sumba Barat.

Sebelumnya, Provincial Manager INOVASI NTT-Sumba, Hironimus Rotok Sugi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menjaring masukan dari berbagai pikak terkait guna penyempurnaan Perbup tentang Pelaksanaan Literasi di Kabupaten Sumba Barat.

Sementara itu, Kepala Desa Lokory, Kristofel Umbu Robaka, pada acara tersebut, menyatakan komitmen nya untuk menjadikan Desa Lokory sebagai Desa Literasi Nasional. “Telah dianggarkan sejumlah dana dalam APB Desa Lokory Tahun Anggaran 2019 terkait kegiatan literasi ” ungkap Kristofel.

Kristofel juga berharap dukungan aktif  pimpinan perangkat daerah terkait, Program Inovasi, Yayasan Save the Children, untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan literasi sehingga “mimpi” menjadikan Desa Lokory sebagai Desa Literasi Nasional dapat terwujud”.

Suasana FGD terkait Literasi

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Y.J. Dapamerang, SP.MM, mengapresiasi keinginan Kepala Desa tersebut dan berkomitmen untuk membantu kepala desa meraih mimpi tersebut dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang tersedia antara lain Tenaga Ahli Profesional (TPP) P3MD dan staf Dinas PMD untuk mengawal program tersebut. “kalau semua pihak bekerja bersama-sama, bukan mustahil kita akan mencapai mimpi tersebut”, ujar Jefry.

Acara FGD ini akan berlangsung selama dua hari dan diikuti juga oleh PlT. Kepala Bappeda, Drs. Ibrahim Kedu Djawa, Kepala Dinas Pendidikan, Sairo Umbu Awang, SE., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dra. Ester K. Dasalaku, Sekdis Dinas Pendidikan, Yehuda Malorung, S.Pd, staf Inovasi, Save The Children, dan staf perangkat daerah terkait.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.