Berdayakan BUM Desa, Dinas PMD Gelar Rakor P3MD di “LAPALE HILLS”

Lapale-dpmdsb. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumba Barat menggelar rapat koordinasi dengan para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD Kabupaten Sumba Barat di “Lapale Hills” rabu (27/2/2019).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang ketika memberikan arahan pada rakor tersebut menegaskan kepada TPP P3MD agar melakukan pendampingan yang optimal terhadap desa.
“kita semua memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengawal pemanfaatan dana desa. Oleh karena itu tidak ada kata bersantai dalam pelaksanaan tugas kita masing-masing” tegas Jefry

Sementara itu kepala Bidang Pemdes Dinas PMD, Andry Wilson Dade, SH mengharapkan agar pendamping desa memastikan seluruh desa memiliki regulasi yaitu perdes, perkades sebagai payung hukum pelaksanaan kegiatan desa.

Terkait pelaksanaan rakor yang dilaksanakan di Lapale Hills, Kadis PMD Jefry Dapamerang mengapresiasi ide Kabid Pemdes  menggelar rapat di tempat tersebut. ” Kita perlu mendukung BUM Desa Payilli Dobba dengan memanfaatkan fasilitas ini. Saya instruksikan kepada bidang yang lain agar juga menggelar rapat-rapat di tempat ini,” tegas Jefry.

Sebelum pelaksanaan rakor ini, terlebih dahulu dilakukan rapat dengan pengurus Bumdes Lapale terkait rencana pengembangan lokasi wisata tersebut. Dalam rapat tersebut disepakati beberapa hal terkait rencana pengembangan Lapale Hills antara lain agar Bumdes tersebut dapat menyediakan makanan khas Sumba Barat yang bahan bakunya berasal dari masyarakat Desa Lapale.

Jantje Lakumau, SP, yang sehari-hari sebagai Kepala Bagian Organisasi pada Setda kabupaten Sumba Barat yang juga diundang untuk memberikan masukan terkait pengembangan Bumdes tersebut  mengusulkan agar spot selfie yang sementara di pasang pada area tersebut agar dibangun permanen dengan menambah beberapa spot selfie yang baru.

Acara rakor kali ini juga sekalian perkenalan pejabat baru di Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat kepada para pendamping desa.

Acara rakor ini juga dihadiri oleh para pejabat struktural Dinas PMD, Para Tenaga Ahli, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa Kabupaten Sumba Barat, Kepala Desa Lapale, Perangkat desa, pengurus Bumdes Payilli Dobba dan beberapa tokoh masyarakat desa Lapale.

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.