Promosikan Budaya Sumba Barat di Jogja, Peserta Studi Banding Kepala Desa Kenakan Busana Adat

PANGGUNGHARJO-dpmdsb. Kompak mengenakan busana adat Sumba Barat, peserta studi banding kepala desa se Kabupaten Sumba Barat yang dipimpin langsung oleh Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, mengawali kegiatan studi banding dengan  berkunjung ke Desa Panggungharjo, Sewon Bantul, Senin, (11/3/12018).

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, khususnya Lurah Desa (sebutan kepala desa di Propinsi DIY-red)  Panggungharjo yang telah menerima rombongan studi banding kepala desa Sumba Barat dengan sangat ramah.”

Demikian disampaikan Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, ketika mengawali sambutannya ketika menjelaskan maksud dan tujuan studi banding di daerah tersebut. 

” Kunjungan ke Desa Panggungharjo adalah salah satu lokasi studi banding selain Desa Dlingo, serta Desa Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,” kata Dapawole. Adapun alasan memilih Desa Panggungharjo sebagai salah satu lokasi studi banding adalah karena salah satu unit usaha Bumdes di Panggungharjo yaitu usaha wisata, sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat yang akan mengembangkan beberapa Bumdes wisata. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dapawole menyampaikan apresiasi dan kekaguman yang tinggi terhadap Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi yang telah membuat  banyak prestasi untuk kemajuan Desa Panggungharjo.

” Saya salut kepada Pak Wahyudi selaku kepala desa yang banyak ciptakan prestasi, oleh karena itu saya berharap agar para kepala desa di Sumba Barat dapat tertular virus semangat membangun desa yang dimiliki oleh pak Wahyudi,” demikian Dapawole.

Selanjutnya, Dapawole juga menegaskan kepada para peserta studi banding untuk sebanyak mungkin menggali ide dan gagasan  terkait berbagai hal selama pelaksanaan studi banding, sehingga sepulang dari studi banding tersebut dapat diterapkan dalam membangun desa masing-masing.

Bupati Bantul yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, M.M,  menyampaikan selamat datang dan berterima kasih kepada Bupati Sumba Barat beserta rombongan.

” Kami berterima kasih kepada Bapak Bupati Sumba Barat, Bapak Dapawole, yang telah memilih desa kami menjadi lokasi studi banding kali ini,” ujar Helmi yang didampingi beberapa Pejabat Teras Kabupaten Bantul. ” Selamat menikmati suasana Desa Panggungharjo dan besok nya Desa Dlingo,” pungkas Helmi mengakhiri sambutan nya.

Rombongan studi banding kali ini, selain didampingi Kadis PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang, juga didampingi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Hermanus Bili, S.IPem, Kabag Tata Pemerintahan, Vitalis Maja, S.IPem, Kabid Pemdes, Andri Wilson Dade, Kasie Kekayaan dan Aset Desa, Eleneora Dapawole beserta staf DPMD.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.