Konsep Baru BBGRM Sumba Barat: Build and Transfer

 

PALAMOKO-DPMDSB. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat, Yakobus Jefrison Dapamerang, SP.MM mengatakan konsep BBGRM Kabupaten Sumba Barat tahun ini dan yang akan datang adalah Build and Transfer.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela acara pencanangan BBGRM di Desa Palamoko, Kamis (23/5/2019).

jefry menjelaskan bahwa konsep tersebut dilakukan dengan cara membangun fasilitas di lokasi BBGRM dan akan diserahkan ke desa lokasi untuk dimanfaatkan atau dikelola Bumdes.” Masyarakat akan bergotong royong membangun fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh desa,” ujar Jefry
Seperti BBGRM tahun ini yang dilakukan di desa Palamoko, lanjut Jefry, masyarakat desa Palamoko dan desa lainnya bergotong royong membangun rumah payung dari alang, dan akan diserahkan ke Desa Palamoko untuk dikelola Bumdes.

Selain itu, Jefry juga menegaskan bahwa mulai tahun depan, semua desa di Sumba Barat wajib menganggarkan dalam APB Desa, kegiatan-kegiatan yang bersifat gotong royong seperti pembangunan jalan, rumah layak huni, MCK, dan kegiatan lainnya.
” Selain untuk menggali kembali nilai gotong royong, akan ada efisiensi anggaran di desa karena lebih banyak unsur swadaya masyarakat” pungkasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.