Bupati Dapawole : Terkait Pembangunan Rumah Layak Huni, Contohlah Desa Kodaka

WAIKABUBAK-DPMDSB. Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, meninjau pembangunan rumah layak huni di Desa Kodaka, Kecamatan Kota Waikabubak, Jumat (21/6/2019). Dapawole pada kesempatan tersebut memuji Kepala Desa Kodaka yang sudah memulai pembangunan rumah sehat bagi warga miskin.

” Saya mengapresiasi kepala desa yang sudah memulai langkah yang sangat bagus. Oleh karena itu saya meminta desa-desa lain agar mencotoh Desa Kodaka membangun rumah layak huni dengan memperioritaskan warga miskin sebagai penerima bantuan tersebut,” kata Dapawole.

Kepala Desa Kodaka, Marthen Dj. Tarawatu, pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dapawole yang telah mengeluarkan Perbup terkait penggunaan dana desa tahun 2019 sehingga desa memiliki payung hukum dalam membangun rumah layak huni bagi warga miskin.

Kepala Desa Kodaka Marthen Dj. Tarawatu,yang biasa disapa Jeger, kepada Bupati menjelaskan bahwa dalam APB Desa Kodaka Tahun 2019, telah dianggarkan pembangunan rumah layak huni sebanyak tiga unit.
” ketiga penerima manfaat tersebut adalah warga yang termasuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan sangat membutuhkankan bantuan dari desa,”ujar Jeger.

Selanjutnya Jeger juga menyampaikan bahwa pekerjaan pembangunan rumah tersebut dilakukan dengan cara swakelola menggunakan sistem Padat Karya Tunai (PKT) dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pekerja.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang ketika mendampingi Bupati dalam kunjungan tersebut, menjelaskan bahwa kebijakan yang ditempuh terkait pembangunan rumah layak huni “terima kunci” seperti yang dilakukan Desa Kodaka adalah hasil evaluasi tahun sebelumnya, di mana bantuan stimulan bahan non lokal kurang efektif mengurangi jumlah angka kemiskinan.

” bahkan tahun 2020, desa wajib menganggarkan dalam APB Desa pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin sesuai hasil kesepakatan Gubernur NTT dengan para bupati se NTT di Labuan Bajo,” pungkas Jefry.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.