Wabup Toni : Buat Inovasi Sesuai Potensi Desa

WAIKABUBAK-dpmd.sumbabaratkab.go.id. Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP mengharapkan agar desa di Sumba Barat membuat inovasi-inovasi terkait penggunaan dana desa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa.

” Saya berharap Program Inovasi Desa dapat menghasilkan Output  inovasi berupa kegiatan-kegiatan yang dapat  menurunkan angka kemiskinan di desa,” lanjut Toni.

Hal tersebut disampaikan Toni ketika membuka Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) I Program Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Sumba Barat, di Aula Kantor Bupati Sumba Barat, Rabu (10/7/2019).

Wabup Toni juga memerintahkan kepada TPP P3MD agar aktif mendampingi desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban maupun pelaporan sehingga desa dapat terhindar dari permasalahan di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Sinun Petrus Manuk, yang juga hadir pada acara tersebut, mengingatkan kepada pihak desa, pendamping profesional dan pihak DPMD agar hati-hati dalam mengelola dana desa.

” Hindari hal-hal yang berupa pungutan liar dan sengaja menciptakan program/kegiatan di desa yang menguntungkan pihak pribadi,” tegasnya.

Terkait penurunan angka kemiskinan di desa, Sinun Petrus Manuk, kembali mengingatkan komitmen antara Gubernur dan Para Bupati se NTT di Labuhan Bajo agar dalam APB Desa Tahun 2020,  masing-masing desa menganggarkan dari dana desa paling sedikit 10 Unit rumah sehat bagi masyarakat miskin.

“Dengan demikian, pada tahun 2023 akan terbangun rumah sehat di Kabupaten Sumba Barat sejumlah 2.520 rumah sehingga dapat membantu menurunka angka kemiskinan Sumba Barat,” lanjutnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang, kepada media ini mengutarakan bahwa Rakor tersebut diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi berbagai pihak terkait Program Inovasi Desa. “Dalam rapat ini telah dihasilkan beberapa rencana kerja tindak lanjut antara lain pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yang akan di selenggarakan pada akhir bulan ini,” pungkas Jefry.

Rakor ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Dra. M.H.W. Monteiro, Asisten,  Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, TPP P3MD, TPID, dan LSM terkait.****

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.