MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA LAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN DI DESA KABUKARUDI

Kabukarudi-dpmd.sumbabaratkab.go.id. Mahasiswa KKN Universitas Airlangga Surabaya melakukan penyuluhan tentang kesehatan di Kantor Desa Kabukarudi, Kamis (11/7/2019). Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan tentang DBD, malaria, diare dan pengawasan pemberian PMT bagi baita. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tersebut selama berada di Sumba Barat.

Kepala Bidang PESBM pada Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat , Paulus Umbu Dazza, S.Pt ketika memantau kegiatan tersebut, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dari Surabaya tersebut.

” Dinas PMD berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa karena sudah melakukan penyuluhan tentang kesehatan serta mendampingi desa dalam memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita dan lansia. Adapun biaya PMT tersebut bersumber dari APB Desa Kabukarudi Tahun 2019,” urai Paulus.

Paulus berharap, desa-desa dapat menggunakan dengan bijak anggaran di bidang kesehatan yang telah termuat dalam APB Desa Tahun 2019 sehingga anggaran tersebut dapat bermanfaat terutama dalam pencegahan Stunting.

Selanjutnya, Paulus juga mengutarakan bahwa setiap pelaksanaan pemberian PMT di posyandu di setiap desa wajib melibatkan pihak puskesmas, ahli gizi, Save the Children, PKK dan pendamping desa untuk ikut mengawal pelaksanaan kegiatan tersebut.

” Bagi desa yang ingin mencairkan anggaran posyandu, wajib dilakukan persiapan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sebelum anggaran tersebut dicairkan,” tegas Paulus.

Sementara itu Kepala Desa Kabukarudi, Barnabas Bora Haingu,SH mendukung langkah yang dilakukan Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat dalam mengendalikan penggunaan dana desa terutama pelaksanaan kegiatan posyandu dan kegiatan lainnya.

” Dengan keterbatasan kualitas sumber daya manusia (kader Posyandu-red) di desa, kami sangat memerlukan pendampingan dari berbagai pihak sehingga PMT tersebut dapat efektif,” ujar Barnabas.

Kegiatan penyuluhan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi  warga Kabukarudi.****

Galeri Foto Kegiatan :

***

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.