Desa Ubu Pede Antusias Mekar, Warga Hibahkan Lahan.

Kepala Desa Ubu Pede, Samuel D.D. Kamuri menyerahkan proposal pemekaran desa kepada Bupati Sumba Barat, Sabtu (4/10/2019)

Pogobina-dpmd.sumbabaratkab.go.id. Salah satu desa di Kabupaten Sumba Barat yang akan diproses pemekaran wilayahnya, Desa Ubu Pede, kecamatan Loli,  menghibahkan lahan seluas 2.000 M2 yang akan dijadikan lokasi kantor desa persiapan.

Ketua Panitia Pemekaran Desa Ubu Pede, David Lele, S.Pd, M.Si ketika menyampaikan laporan mengatakan bahwa hasil musyawarah desa,  telah memutuskan nama desa baru nantinya adalah Pogobina Moni. David juga menjelakan bahwa telah dihibahkan lahan sebagai calon kantor desa persiapan seluas 2.000 M2.

Penyerahan lahan dari salah seorang warga kepada kepala Desa ubu Pede tersebut dilaksanakan di dusun 4 (Pogobina), Sabtu (4/10/2019) dengan turut disaksikan Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga dapawole, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Loli, Kapolsek Loli serta tokoh dan masyarakat desa ubu pede.

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole ketika memberikan sambutan pada acara tersebut menyampaikan  salut dan terima kasih kepada masyarakat desa ubu pede yang bersemangat memekarkan wilayahnya. ” Hari ini saya sangat bahagia menyaksikan gotong royong dan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi,” puji Dapawole. “saya berharap desa lain yang ingin mekar, mencontohi apa yang dilakukan oleh Desa Ubu Pede,” lanjutnya.

Dapawole juga mengingatkan agar rencana pemekaran desa tersebut tidak sekedar ingin berbagi-bagi kekuasaan tetapi esensi utama dari pemekaran desa adalah mensejahterakan masyarakat desa.

Kepada jajaran Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat beserta pihak terkait lainnya, Dapawole menginstruksikan  untuk segera mempersiapkan berbagai hal terkait rencana pemekaran beberapa desa di Kabupaten Sumba Barat.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Y.J. Dapamerang, SP.MM kepada media ini menjelaskan bahwa proses pemekaran desa harus merujuk pada Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Penataan Desa. “Terdapat beberapa proses dan persyaratan baik administrasi dan teknis yang harus dipenuhi sehingga bisa dibentuk desa defenitif,” ujar Jefry.

” Dari 63 desa di Kabupaten Sumba Barat, telah diwacanakan untuk dimulai proses pemekaran desa  di tahun 2020 sejumlah kurang lebih 31 desa baru,” pungkas Jefry.

Acara penyerahan lahan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Loli, Kapolsek Loli, Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Loli.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.