Desa Tebara Sabet Juara 2 Nasional Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019

Waikabubak-dpmd.sumbabaratkab.go.id. Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT berhasil keluar sebagai juara 2 nasional Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 pada kategori desa berkembang. Lomba ini  diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Ditjen PPMD).

Kampung Praijing, salah satu objek wisata andalan Desa Tebara.

Kepala Desa Tebara, Marthen Ragowino Bira, S.Si ketika dihubungi media ini menjelaskan bahwa keberhasilan Desa Tebara meraih prestasi Juara 2 Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 kategori Desa Wisata Berkembang adalah bukti bahwa Desa semakin berani berinovasi dan berkreasi dalam membangun desa lewat program-program yang produktif dan membuka banyak lapangan kerja baru, salah satunya di bidang Pariwisata.

” Muara dari semua ini adalah terjadinya peningkatan kesejahteraan dalam kehidupan ekonomi masyarakat desa,” lanjut Kepala desa yang biasa disapa Marthen ini.
Lebih lanjut Kepala Desa jebolan Universitas Sanata Dharma Jogja ini mengatakan, dengan adanya peningkatan pendapatan setiap hari,  masyarakat desa akan mampu memberi ketersediaan makanan bergizi yang akan menghapus angka stunting yang masih tinggi di kalangan masyarakat.
 “Sudah saatnya Desa berbenah demi tercapainya cita-cita desa yaitu masyarakat desa yang terbebas dari belenggu Kemiskinan,” ujar Marthen
” Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam Keberhasilan ini,  Pemda Kabupaten Sumba Barat,  DPMD Kabupaten Sumba Barat,  Pemerintah Kecamatan Kota Waikabubak,  Tim Universitas  Podomoro Jakarta,  Tim Halo Sumba,  Tim Sumba di Jakarta (IIWC,  Kekini Co Working Space), Majalah ARTI, Tim Verifikasi Kemendes dan Kemenpar RI,  BUMDES Iyya Tekki,  seluruh Perangkat dan Aparat Desa Tebara dan Masyarakat Desa Tebara,  Sumba Barat dan NTT,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang, mengapresiasi capaian yang diraih oleh Desa Tebara. ” mudah-mudahan keberhasilan ini akan memotivasi  desa-desa lain di Sumba Barat untuk mencetak prestasi demi prestasi yang membanggakan Sumba Barat khususnya, dan Sumba pada umunya,” kata Jefry.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.