Wajib Tetapkan APBDesa 2020 Tepat Waktu, Sumba Barat akan Asistensi RAPBDesa.

Waikabubak-dpmd.sumbabaratkab.go.id.  Dalam rangka memenuhi target penetapan APB Desa Tahun 2020 tepat waktu bagi desa se- Kabupaten Sumba Barat, asistensi RAPB Desa Tahun Anggaran 2020 akan dimulai bagi desa-desa di Kecamatan Tanarighu. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang, di sela-sela mengikuti Rapat Koordinasi TIK Kabupaten di Aula Dinas PMD, Waikabubak (5/12/2019).

Jefry menjelaskan, target tersebut sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa yang mengamanatkan penetapan APB Desa paling lambat 31 Desember tahun berjalan.

Ketika ditanya terkait prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, Jefry menjelaskan bahwa prioritas tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

” Khusus untuk Sumba Barat, kegiatan fisik yang tidak bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat akan ditangguhkan. Kita lebih fokus kepada kegiatan pemberdayaan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan konvergensi stunting serta pemenuhan kebutuhan sosial dasar masyarakat,” ujar Jefry.

” Asistensi RAPB Desa Tahun Anggaran 2020 akan dimulai tanggal 6 Desember 2019 di Kecamatan Tanarighu dan akan berakhir pada tanggal 13 Desember 2019  di Kecamatan Lamboya Barat, selanjutnya akan dilakukan evaluasi tingkat Kabupaten sebelum dilakukan penetapan APB Desa Tahun Anggaran 2020,” yakin Jefry.

Kegiatan asistensi tingkat kecamatan tersebut akan melibatkan berbagai pihak, antara lain unsur Kecamatan, Perangkat Daerah terkait, YSTC, Program Inovasi dan LSM/NGO lainnya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.