Lawan Corona, Seluruh Desa Di Sumba Barat Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19

Waikabubak-dpmd,sumbabaratkab.go.id. Di tengah pandemik virus corona (Covid-19) yang melanda dunia saat ini, termasuk Indonesia, ditanggapi oleh desa-desa di Sumba Barat dengan membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang ketika dihubungi pertelepon oleh media ini, Rabu, 8 April 2020, menjelaskan bahwa pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19 tersebut untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. 

 

” Seluruh desa telah menganggarkan dalam APB Desa Tahun 2020  terkait penanganan virus corona” kata Jefry. Adapun beberapa kegiatan yang didanai dari dana desa antara lain pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19, penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana cuci tangan bagi fasilitas umum, pengadaan masker bagi warga, sosialisasi penanganan virus corona serta bantuan logistik bagi warga berstatus Orang Dalam Pemantuan (ODP).

Jefry berharap, Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari berbagai unsur antara lain tokoh agama, tokoh adat, Babinsa, Babinkamtibmas, dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam melindungi warganya agar terhindar dari wabah corona.

” Tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 ini cukup berat, namun sangat strategis dalam menghambat penyebaran virus corona. Salah satu tugas dimaksud adalah memastikan warga desa yang baru tiba dari luar pulau Sumba agar disiplin melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari, serta memastikan tidak ada kerumunan massa yang tidak perlu,”  tegasnya.

Untuk mendukung tugas  Relawan Desa Lawan Covid-19 , Kadis PMD yang juga anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumba Barat telah dan akan menyuplai data pelaku perjalanan  kepada desa untuk dilakukan pemantauan selanjutnya.*

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.