Sekretariat

 

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris  mempunyai tugas :

Melaksanakan koordinasi penyusunan program, pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi dan pengelolaan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. pengkoordinasian penyusunan rencana program dan kegiatan dinas;
  2. penyelenggaraan urusan ketatausahaan, kearsipan dan dokumentasi;
  3. pengkoordinasian perencanaan, penatausahaan keuangan, kepegawaian dan umum;
  4. pengelolaan urusan rumah tangga, perlengkapan dan inventaris;
  5. penyelenggaraan kehumasan dan keprotokolan ;
  6. pengoordinasian bidang-bidang di lingkup dinas;
  7. pengoordinasian dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan; dan
  8. pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Susunan Organisasi Sekretariat,

terdiri dari:

  1. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dipimpin oleh seorang    Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan        penyusunan rencana, program, dan anggaran serta pemantauan,      evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan di Lingkup Dinas        Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  2. Sub Bagian Keuangan dan Aset dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan  penyusunan serta penataan usaha administrasi keuangan serta   pemantauan, evaluasi dan   pelaporan keuangan dan aset.
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan evaluasi dan penyusunan  organisasi, tatalaksana, urusan kepegawaian serta urusan tata usaha  lainnya.

Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

 



  1. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat, penggandaan naskah-naskah dinas dan kearsipan dinas ;

  2. menyelenggarakan urusan rumah tangga dan keprotokolan ;

  3. melaksanakan tugas di bidang hubungan masyarakat;

  4. mempersiapkan seluruh rencana kebutuhan kepegawaian mulai penempatan formasi, pengusulan dalam jabatan, usulan pensiun, peninjauan masa kerja, pemberian penghargaan, kenaikan pangkat, DP-3, DUK, Sumpah / Janji Pegawai, Gaji Berkala, kesejahteraan, mutasi dan pemberhentian pegawai, diklat, ujian dinas, izin belajar, pembinaan kepegawaian dan disiplin pegawai,

  5. menyusun standar kompetensi pegawai, tenaga teknis dan fungsional dan menyelenggarakan tata usaha kepegawaian lainnya. melakukan penyusunan kebutuhan perlengkapan, pengadaan dan perawatan peralatan kantor, pengamanan, usulan penghapusan aset serta menyusun laporan pertanggungjawaban atas barang-barang inventaris ;


melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris .




  1. menghimpun data dan menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program;

  2. melaksanakan pengolahan data; melaksanakan perencanaan program;

  3. menyiapkan bahan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan perundang-undangan;

  4. menghimpun data dan menyiapkan bahan penyusunan program anggaran; melaksanakan monitoring dan evaluasi; melaksanakan penyusunan laporan;

  5. menyiapkan bahan untuk koordinasi pembinaan perencanaan pembangunan daerah;

  6. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.




  1. melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai;

  2. melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan;

  3. menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan; melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris